Nama
|
:
|
Lisnawati
|
NIM
|
:
|
01091003117
|
Kelas
|
:
|
Manajemen Pemasaran (Ak-Inderalaya)-Kelas A Genap 2012-2013
|
Tanggal
|
:
|
23 April 2013
|
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1
|
Berikan pendapat
anda, mengapa Place disebut distribusi ?
|
Place disebut pula distribusi karena place
merupakan saluran pemasaran dalam bentuk memanfaat tempat penyimpanan produk maupun menggunakan
saluran transportasi yang berguna untuk
menyampaikan produk atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen. Sehingga
place ini merupakan perantara untuk menyampaikan produk dari produsen ke
tangan konsumen karena itulah disebut pula distribusi
|
2
|
Distribusi sering
diartikan sebagai penyampaian produk dalam bentuk fisik, menurut anda apa
yang dimaksud dan bagaimana distribusi untuk produk jasa?
|
Distribusi untuk
produk jasa merupakan cara pemenuhan kebutuhan konsumen terhadap suatu
kebutuhan yang akan ememberikan kepuasan kepada konsumen dalam bentuk
pemenuhan kebutuhan yang tidak terlihat secara fisik namun dalam bentuk
kepuasan pikiran maupun jiwa.
Distribusi untuk
produk jasa terlebih dahulu produsen mengetahui apa yang menjadi keinginan
konsumen selanjutnya produsen berusaha memenuhi kebutuhan yang berupa jasa
itu melalui pelaksanaan tugas ataupun suatu keinginan atau permintaan yang
diajukan oleh konsumen. Pelayanan jasa yang dilakukan untuk memenuhi
permintaan kopnsumen ini dapat dilakukan secara langsung melalui pertemuan
pemberi jasa dengan konsumen, sehingga konsumen dapat memperoleh jasa yang
diinginkannya.
|
3
|
Salah satu prinsip
dari distribusi adalah menyediakan produk semudah mungkin agar dapat lebih
mudah dijangkau oleh konsumen, berikan pendapat anda!
|
Dalam pendistribusian produk maka produk
tersebut harus mudah dicari informasinya oleh konsumen dan konsumen dapat
mengetahui bagaimana cara pemerolehan produk tersebut sehinggga produk
tersebut mudah dijangkau oleh konsumen baik dalam pemerolehan informasi
mengenai produk maupun cara pemerolehannya serta waktu untuk
memperoleh produk tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama. Produk yang
mudah dijangkau oleh konsumen akan membuat konsumen mudah memperoilehnya
serta mencari informasi mengenai produk tersebut dan hal ini akan membuat
konsumen lebih efisien dalam waktu mencari dan memperoleh produk
|
4
|
Secara umum, saluran distribusi (perantara) berperan
dalam mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh produsen, berikan
pendapat anda!
|
Saluran distribusi untuk menyampaikan produk
atau jasa dari produsen ke tangan konsumen melalui transportasi atau tempat
penyimpanan produk melalui perantara rekanan distribusi. Dengan penggunaan perantara perdagangan
dalam penyampaian produk dari tangan produsen ke tangan konsumen, maka
produsen dapat menghemat waktu pendistribusian produk serta dapat berbagi
peran dengan perantara lain dan produsen lebih focus untuk menghasilkan
produk yang akan diproduksi. Sehingga
dengan penggunaan saluran distribusi maka produk dapat cepat sampai ke tangan
konsumen melalui saluran distribusi. Saluran distribusi menggunakan cara yang
mudah dan murah agar produsen dapat memperoleh kuntungan yang ditargetkan,
produsen akan menggunakan saluran distribusi dengan biaya yang murah untuk
menutupi biaya produksi dan mencapai laba yang ditargetkan.
Contohnya produsen yang baru memasarkan produknya
maka akan berusaha melakukan promosi untuk menarik minat konsumen dengan
penawaran harga murah dan pelayanan yang memuaskan konsumen, melalui promosi
ini diharapkan akan menarik permintaan konsumen terhadap produk dan setelah
konsumen tertarik maka konsumen diharapkan akan loyal dalam menggunakan
produk tersebut sehingga tingkat penjualan akan meningkat dan laba pun terus
mencapai target perusahaan.
|
5
|
Strategi harga dan
strategi distribusi sangat berhubungan erat, berikan pendapat anda mengenai hubungan
tersebut!
|
Strategi harga sangat berhubungan erat dengan
strategi distribusi. Melalui strategi harga maka konsumen dapat menetapkan
bagaimana cara mendistribusikan produknya, jika tingkat biaya produksi tinggi
maka harga produk juga akan
mahal mengikuti harga biaya produksi dan hal ini akan mempengaruhi bagaimana cara produsen dalam
mendistribusikan produknya. Penetapan strategi distribusi akan disesuaikan
dengan tingkat harga produk. Jika harga produk mahal maka produsen akan menetapkan
strategi khusus dalam memperoleh pasar untuk konsumen yang berasal dari
kalangan menengah ke atas melalui strategi yang disesuaikan dengan target
konsumen. Sedangkan jika produk dengan harga murah maka trategi distribusi
akan disesuaikan dengan target konsumen dari kalangan menegah ke bawah.
|
6
|
Berikan pendapat
anda mengenai perbedaan antara pedagang besar dengan pengecer!
|
Pedagang besar merupakan pedagang yang skala
penjualan produknya dalam jumlah yang besar, pedagang besar membeli dan mendistribusikan atau menjual
kembali produknya kepada pedagang lain, industry maupun pengecer biasanya
tingkat penjualan dalam jumlah yang besar
Sedangkan pedagang eceran merupakan pedagang yang
skala penjualannya dalan jumlah sedikit, pedagang eceran langsung
mejual produknya baik berupa jasa maupun barang langsung kepada konsumen
akhir.
|
7
|
Dalam menentukan
rekanan distribusi, mengapa perusahaan harus melakukan seleksi rekanan!
|
Perusahaan harus melakukan seleksi rekanan untuk
mencari partner distribusi yang mampu bekerja sama dengan baik dan saling menguntungkan. Melalui
proses seleksi rekanan inilah produsen dapat menjaring mitra rekanan yang
unggul dan memberikan kontribusi menguntungtklan bagi perusahaan. Jiuka
perusahaan salah dalam memilihy mitra rekanan maka hal ini akan merugikan
perusahaan karena rekanan yang salah akan merugikan waktu, menghilangkan
keuntungan yang seharusnya diperoleh perusahaan, serta menghilangkan
kredibilitas maupun kepercayaan konsumen terhadap kinerja perusahaan.
|
8
|
Jelaskan yang
dimaksud push dan pull strategi dalam distribusi
|
Push Strategy atau
bisa dikatakan trade load adalah jenis promosi yang biasanya ditujukan kepada
wholesaler atau pedagang perantara. Strategy promosi ini diambil saat
perusahaan merasa bahwa konsumen tersebut menginginkan produknya dan
kemampuan distribusi mereka terbatas sehingga mereka memberikan incentive
yang menarik kepada pedagang perantara untuk memberikan penekanan penjualan
atas produk tersebut kepada pelanggannya sehingga penjualan atas produk
tersebut meningkat. Strategi ini juga biasanya dilakukan saat suhu kompetisi
sangat tinggi sehingga banyak pesaing memberikan incentive kepada pedagang
perantara untuk memajukan produk mereka.
Pull strategy biasanya diarahkan langsung ke konsumen, strategi promosi ini biasanya dilakukan saat perusahan merasa produknya belum dikenal baik oleh konsumen sehingga mereka bekerja sama dengan pedagang perantara untuk menentukan tipe promosi yang sesuai bagi konsumennya atas produk tersebut. Bentuknya bisa bermacam - macam mulai dari hadiah, undian atas pembelian produk dalam jumlah tertentu sampai dengan tambahan kandungan isi produk sehingga lebih menguntungkan dibandingkan dengan pesaing langsung |
9
|
Jelaskan
pertimbangan apa yang dilakukan perusahaan dalam menentukan saluran
distribusinya (exclusive, selective atau intensive) !
|
Distribusi Intensif (intensive
distribution) adalah distribusi yang meletakkan disebanyak mungkin gerai
ritel dengan tujuan agar produknya dapat cepat diketahui konsumen dan konsumen
dapat dengan mudah memperoleh produk tersebut.
Distribusi selektif (selective
distribution) adalah distribusi yang hanya mengirim produk kepada
sekelompok peritel yang diistimewakan disuatu wilayah, dengan saluran
distribusi seperti ini maka produk tersebut hanya dapat diperoleh di
took-toko tertentu yang menjadi rekanan perusahaan.
Distribusi eksclusif (exclusive
distribution) adalah distribusi yang mengirimkan produk hanya ke satu
toko ritel di wilayah geografis tertentu. Melalui saluran distribusi ini maka
produk y6ang dihasilkan pereusahaan sangat berkesan berkelas dan istimewa
karena produknya hanya diperoleh di satu took ritel saja sehingga untu7k
memperoleh produk tersebut terkesan eksklusif tidak mudah diperoleh sembarang
konsumen dan untuk memperolehnya membutu8hkan perjuangan yang tidak mudah
karena itu konsumen akan berupaya lebih keras untuk memperoleh produk
tersebut
|
10
|
Dalam pelaksanaan
distribusi, terdapat banyak hambatan. Jelaskan 4 hambatan dalam distribusi
|
a.
Besarnya jumlah pelanggan
Jumlah
pelanggan yang besar akan mempersulit perusahaan dalam mendistribusikan
produk karena jumlah pelanggan yang besar akan menimbu8lkan tingkat kebutuhan
produk juga dalam jumlah besar sehingga produk tersebut kemungkinan akan
sulit diproduksi dalam waktu singkat dan jumlah yang besar. Besarnya jumlah
pelanggan akan membutuhkan waktu yang lama bagi perusahaan untuk
mendistribusikannya karena pelanggan berada dalam letak goegrafis yang
berbeda sehingga peruisahaan harus menempuh perjalanan yang cukup lama untuk
proses distribusi.
b.
Distribusi geografis
LetaK
geografis yang berbeda akan membuat perusahaan kesulitan mendistribusikan
produknya karena perusahaan harus menggunakan kendaraan transportasi yang
berbeda dalam proses distribusi antar daerah geografis yang berbeda, hali ini
akan memakan waktu lama dan ongkos yang tidak murah untuk menjangkau konsumen
yangt berada dalam daerah geografis berbeda.
c.
Pendapatan
konsumen
memiliki tingkat pendapatan yang berbeda sehingga perusahaan harus mampu
menghasilkan produk yang dapat disesuaikan dengan pendapatan konsumen. jika
harga produk terlalu mahal konsumen akan kesulitan dalam pemenuhan
kebutuhannya untuk membeli suatu produk namun harga produk juga jangan sampai
terlalu murah untuk mampu dibeli konsumen karena akan merugika produsen.
d.
Kebiasaan belanja
mengubah
kebiasaan belanja konsumen sangat sulit, konsumen yang terbiasa akan
berbelanja terhadap suatu produk tertentu maka akan sulit untuk beralih ke
produk lainnya. karena itu perusahaan harus mampu mengambil strategi yang
mampu mengubah kebiasaan konsumen yang telah terbniasa menggunakan suatu
produk tertentu. jika penawaran yang diberikan perusahaan mampu menarik hati
konsumen maka perusahaan mampu untuk menguasai pasar yang telah lebih dahulu
dikuasai pesaing lain.
e.
Mudah rusak
produk
yang didistreibusikan perusahaan ke tangan konsumen dapat saja mengalami
kerusakan selama proses pendistribusian menuju lokasi konsumen akhir. hal ini
akan mengurangi tingkat laba karena produk yang rusak akan sulit dijual ke
tangan konsumen selain itu hal ini akan mengurangi kepercayaan konsumen
terhadap perusahaan karena tidak mampu memberikan kepuasan yang diinginkan
konsumen.
f.
Mahal
biaya
produksi yang tinggi tentu akan menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga
yang mahal pula. hal ini akan mengurangi daya beli konsumen sehingga konsumen
cenderung beralih ke produk yang lebih murah dalam memenuhi kebutuhannya.
namun hal ini dapat diatasi jika p[ereusahaan mampu memerikan sugesti kepada
konsumen bahwa produk yang mahal akan memiliki kualitas yang baik pula
sehingga memberikan kepuasaan yang lebih kepada konsumen.
g.
Membutuhkan service
demi
menjaga loyalitas konsumen maka perusahaan harus memberikan service berupa
perbaikan jika produk yang telah dibeli konsumen mengalami kerusakan namun
hal ini sulit karena untuk membuka customer service bukian hal yang mudah
membutuhkan banyak biaya, waktu, serta customer service selayaknya
ditempatkan pada lokasi yang tingkat penjualannya besar sehingga periusahaan
tidak mengeluarkan biaya yang besar untuk service. hal ini akan memberikan
kepuasan bagi konsumen yang merasa lega akan pelayanan yang tidak
setengah-setengah kepada konsumen dan produsen terkesan bertanggung jkawab
terhadap konsumen
|
0 komentar :
Posting Komentar