.quickedit{ display:none; }

9 Mei 2013

Tugas Manajemen Pemasaran Distribusi




Nama
:
Lisnawati
NIM
:
01091003117
Kelas
:
Manajemen Pemasaran (Ak-Inderalaya)-Kelas A Genap 2012-2013
Tanggal
:
23 April 2013



No
Pertanyaan
Jawaban
1
Berikan pendapat anda, mengapa Place disebut distribusi ?
Place disebut pula distribusi karena place merupakan saluran pemasaran dalam bentuk memanfaat tempat penyimpanan produk maupun menggunakan saluran transportasi yang berguna untuk menyampaikan produk atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen. Sehingga place ini merupakan perantara untuk menyampaikan produk dari produsen ke tangan konsumen karena itulah disebut pula distribusi

2
Distribusi sering diartikan sebagai penyampaian produk dalam bentuk fisik, menurut anda apa yang dimaksud dan bagaimana distribusi untuk produk jasa?
Distribusi untuk produk jasa merupakan cara pemenuhan kebutuhan konsumen terhadap suatu kebutuhan yang akan ememberikan kepuasan kepada konsumen dalam bentuk pemenuhan kebutuhan yang tidak terlihat secara fisik namun dalam bentuk kepuasan pikiran maupun jiwa.

Distribusi untuk produk jasa terlebih dahulu produsen mengetahui apa yang menjadi keinginan konsumen selanjutnya produsen berusaha memenuhi kebutuhan yang berupa jasa itu melalui pelaksanaan tugas ataupun suatu keinginan atau permintaan yang diajukan oleh konsumen. Pelayanan jasa yang dilakukan untuk memenuhi permintaan kopnsumen ini dapat dilakukan secara langsung melalui pertemuan pemberi jasa dengan konsumen, sehingga konsumen dapat memperoleh jasa yang diinginkannya.

3
Salah satu prinsip dari distribusi adalah menyediakan produk semudah mungkin agar dapat lebih mudah dijangkau oleh konsumen, berikan pendapat anda!
Dalam pendistribusian produk maka produk tersebut harus mudah dicari informasinya oleh konsumen dan konsumen dapat mengetahui bagaimana cara pemerolehan produk tersebut sehinggga produk tersebut mudah dijangkau oleh konsumen baik dalam pemerolehan informasi mengenai produk maupun cara pemerolehannya serta waktu untuk memperoleh produk tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama. Produk yang mudah dijangkau oleh konsumen akan membuat konsumen mudah memperoilehnya serta mencari informasi mengenai produk tersebut dan hal ini akan membuat konsumen lebih efisien dalam waktu mencari dan memperoleh produk

4
Secara umum, saluran distribusi (perantara) berperan dalam mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh produsen, berikan pendapat anda!
Saluran distribusi untuk menyampaikan produk atau jasa dari produsen ke tangan konsumen melalui transportasi atau tempat penyimpanan produk melalui perantara rekanan distribusi. Dengan penggunaan perantara perdagangan dalam penyampaian produk dari tangan produsen ke tangan konsumen, maka produsen dapat menghemat waktu pendistribusian produk serta dapat berbagi peran dengan perantara lain dan produsen lebih focus untuk menghasilkan produk yang akan diproduksi. Sehingga dengan penggunaan saluran distribusi maka produk dapat cepat sampai ke tangan konsumen melalui saluran distribusi. Saluran distribusi menggunakan cara yang mudah dan murah agar produsen dapat memperoleh kuntungan yang ditargetkan, produsen akan menggunakan saluran distribusi dengan biaya yang murah untuk menutupi biaya produksi dan mencapai laba yang ditargetkan.

Contohnya produsen yang baru memasarkan produknya maka akan berusaha melakukan promosi untuk menarik minat konsumen dengan penawaran harga murah dan pelayanan yang memuaskan konsumen, melalui promosi ini diharapkan akan menarik permintaan konsumen terhadap produk dan setelah konsumen tertarik maka konsumen diharapkan akan loyal dalam menggunakan produk tersebut sehingga tingkat penjualan akan meningkat dan laba pun terus mencapai target perusahaan.

5
Strategi harga dan strategi distribusi sangat berhubungan erat, berikan pendapat anda mengenai hubungan tersebut!
Strategi harga sangat berhubungan erat dengan strategi distribusi. Melalui strategi harga maka konsumen dapat menetapkan bagaimana cara mendistribusikan produknya, jika tingkat biaya produksi tinggi maka harga produk juga akan mahal mengikuti harga biaya produksi dan hal ini akan mempengaruhi bagaimana cara produsen dalam mendistribusikan produknya. Penetapan strategi distribusi akan disesuaikan dengan tingkat harga produk. Jika harga produk mahal maka produsen akan menetapkan strategi khusus dalam memperoleh pasar untuk konsumen yang berasal dari kalangan menengah ke atas melalui strategi yang disesuaikan dengan target konsumen. Sedangkan jika produk dengan harga murah maka trategi distribusi akan disesuaikan dengan target konsumen dari kalangan menegah ke bawah.

6
Berikan pendapat anda mengenai perbedaan antara pedagang besar dengan pengecer!
Pedagang besar merupakan pedagang yang skala penjualan produknya dalam jumlah yang besar, pedagang besar  membeli dan mendistribusikan atau menjual kembali produknya kepada pedagang lain, industry maupun pengecer biasanya tingkat penjualan dalam jumlah yang besar

Sedangkan pedagang eceran merupakan pedagang yang skala penjualannya dalan jumlah sedikit, pedagang eceran langsung mejual produknya baik berupa jasa maupun barang langsung kepada konsumen akhir.

7
Dalam menentukan rekanan distribusi, mengapa perusahaan harus melakukan seleksi rekanan!
Perusahaan harus melakukan seleksi rekanan untuk mencari partner distribusi yang mampu bekerja sama dengan baik dan saling menguntungkan. Melalui proses seleksi rekanan inilah produsen dapat menjaring mitra rekanan yang unggul dan memberikan kontribusi menguntungtklan bagi perusahaan. Jiuka perusahaan salah dalam memilihy mitra rekanan maka hal ini akan merugikan perusahaan karena rekanan yang salah akan merugikan waktu, menghilangkan keuntungan yang seharusnya diperoleh perusahaan, serta menghilangkan kredibilitas maupun kepercayaan konsumen terhadap kinerja perusahaan.

8
Jelaskan yang dimaksud push dan pull strategi dalam distribusi
Push Strategy atau bisa dikatakan trade load adalah jenis promosi yang biasanya ditujukan kepada wholesaler atau pedagang perantara. Strategy promosi ini diambil saat perusahaan merasa bahwa konsumen tersebut menginginkan produknya dan kemampuan distribusi mereka terbatas sehingga mereka memberikan incentive yang menarik kepada pedagang perantara untuk memberikan penekanan penjualan atas produk tersebut kepada pelanggannya sehingga penjualan atas produk tersebut meningkat. Strategi ini juga biasanya dilakukan saat suhu kompetisi sangat tinggi sehingga banyak pesaing memberikan incentive kepada pedagang perantara untuk memajukan produk mereka.

Pull strategy biasanya diarahkan langsung ke konsumen, strategi promosi ini biasanya dilakukan saat perusahan merasa produknya belum dikenal baik oleh konsumen sehingga mereka bekerja sama dengan pedagang perantara untuk menentukan tipe promosi yang sesuai bagi konsumennya atas produk tersebut. Bentuknya bisa bermacam - macam mulai dari hadiah, undian atas pembelian produk dalam jumlah tertentu sampai dengan tambahan kandungan isi produk sehingga lebih menguntungkan dibandingkan dengan pesaing langsung



9
Jelaskan pertimbangan apa yang dilakukan perusahaan dalam menentukan saluran distribusinya (exclusive, selective atau intensive) !
Distribusi Intensif (intensive distribution) adalah distribusi yang meletakkan disebanyak mungkin gerai ritel dengan tujuan agar produknya dapat cepat diketahui konsumen dan konsumen dapat dengan mudah memperoleh produk tersebut.

Distribusi selektif (selective distribution) adalah distribusi yang hanya mengirim produk kepada sekelompok peritel yang diistimewakan disuatu wilayah, dengan saluran distribusi seperti ini maka produk tersebut hanya dapat diperoleh di took-toko tertentu yang menjadi rekanan perusahaan.

Distribusi eksclusif (exclusive distribution) adalah distribusi yang mengirimkan produk hanya ke satu toko ritel di wilayah geografis tertentu. Melalui saluran distribusi ini maka produk y6ang dihasilkan pereusahaan sangat berkesan berkelas dan istimewa karena produknya hanya diperoleh di satu took ritel saja sehingga untu7k memperoleh produk tersebut terkesan eksklusif tidak mudah diperoleh sembarang konsumen dan untuk memperolehnya membutu8hkan perjuangan yang tidak mudah karena itu konsumen akan berupaya lebih keras untuk memperoleh produk tersebut

10
Dalam pelaksanaan distribusi, terdapat banyak hambatan. Jelaskan 4 hambatan dalam distribusi
a.    Besarnya jumlah pelanggan
Jumlah pelanggan yang besar akan mempersulit perusahaan dalam mendistribusikan produk karena jumlah pelanggan yang besar akan menimbu8lkan tingkat kebutuhan produk juga dalam jumlah besar sehingga produk tersebut kemungkinan akan sulit diproduksi dalam waktu singkat dan jumlah yang besar. Besarnya jumlah pelanggan akan membutuhkan waktu yang lama bagi perusahaan untuk mendistribusikannya karena pelanggan berada dalam letak goegrafis yang berbeda sehingga peruisahaan harus menempuh perjalanan yang cukup lama untuk proses distribusi.

b.   Distribusi geografis
LetaK geografis yang berbeda akan membuat perusahaan kesulitan mendistribusikan produknya karena perusahaan harus menggunakan kendaraan transportasi yang berbeda dalam proses distribusi antar daerah geografis yang berbeda, hali ini akan memakan waktu lama dan ongkos yang tidak murah untuk menjangkau konsumen yangt berada dalam daerah geografis berbeda.

c.    Pendapatan
konsumen memiliki tingkat pendapatan yang berbeda sehingga perusahaan harus mampu menghasilkan produk yang dapat disesuaikan dengan pendapatan konsumen. jika harga produk terlalu mahal konsumen akan kesulitan dalam pemenuhan kebutuhannya untuk membeli suatu produk namun harga produk juga jangan sampai terlalu murah untuk mampu dibeli konsumen karena akan merugika produsen.

d.   Kebiasaan belanja
mengubah kebiasaan belanja konsumen sangat sulit, konsumen yang terbiasa akan berbelanja terhadap suatu produk tertentu maka akan sulit untuk beralih ke produk lainnya. karena itu perusahaan harus mampu mengambil strategi yang mampu mengubah kebiasaan konsumen yang telah terbniasa menggunakan suatu produk tertentu. jika penawaran yang diberikan perusahaan mampu menarik hati konsumen maka perusahaan mampu untuk menguasai pasar yang telah lebih dahulu dikuasai pesaing lain.

e.   Mudah rusak
produk yang didistreibusikan perusahaan ke tangan konsumen dapat saja mengalami kerusakan selama proses pendistribusian menuju lokasi konsumen akhir. hal ini akan mengurangi tingkat laba karena produk yang rusak akan sulit dijual ke tangan konsumen selain itu hal ini akan mengurangi kepercayaan konsumen terhadap perusahaan karena tidak mampu memberikan kepuasan yang diinginkan konsumen.

f.     Mahal
biaya produksi yang tinggi tentu akan menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga yang mahal pula. hal ini akan mengurangi daya beli konsumen sehingga konsumen cenderung beralih ke produk yang lebih murah dalam memenuhi kebutuhannya. namun hal ini dapat diatasi jika p[ereusahaan mampu memerikan sugesti kepada konsumen bahwa produk yang mahal akan memiliki kualitas yang baik pula sehingga memberikan kepuasaan yang lebih kepada konsumen.

g.    Membutuhkan service
demi menjaga loyalitas konsumen maka perusahaan harus memberikan service berupa perbaikan jika produk yang telah dibeli konsumen mengalami kerusakan namun hal ini sulit karena untuk membuka customer service bukian hal yang mudah membutuhkan banyak biaya, waktu, serta customer service selayaknya ditempatkan pada lokasi yang tingkat penjualannya besar sehingga periusahaan tidak mengeluarkan biaya yang besar untuk service. hal ini akan memberikan kepuasan bagi konsumen yang merasa lega akan pelayanan yang tidak setengah-setengah kepada konsumen dan produsen terkesan bertanggung jkawab terhadap konsumen


0 komentar :